Teknopreneur.com – Raksasa E-commerce asal negeri Tionkok, Alibaba Group menyatakan pada hari ini telah membeli saham perusahaan pengendali  pemasaran digital advertising yang bernama AdCina. Akankah ini merupakan siasat untuk menguasai pasar online di Cina. 

Namun, perusahaan mengatakan akuisisi tersebut bertujuan untuk memperkuat bisnis iklan mereka. Hal itu, seperti yang dikutip dari laman Reuters, Selasa (13/1).

Alibaba pun membenarkan hal tersebut, yang telah mensepakati pembelian perusahaan pemasaran online untuk digital advertising yang berbasis di Shanghai tersebut. Perusahaan pemasaran online yang berdiri sejak tahun 2007 itu, telah berhasil memperolah pendapatan dari pemasaran online hingga US$51 juta pada tahun 2011.

Kemudian perusahaan pun telah berhasil meningkatkan pendapatannya menjadi US$100 juta terhitung sejak Februari 2012 lalu. Alibaba juga menyatakan angka yang dikeluarkan untuk mengakuisisi perusahaan tersebut sebesar US$6,2 miliar pada tahun 2014 kemarin, sekaligus tahun yang sama saat Alibaba memperoleh rekor penjualan di New York sebesar US$25 miliar.

Lebih lanjut perusahaan menjelaskan, akuisisi terhadap AdCina  itu nantinya akan diarahkan untuk meningkatkan usaha periklanan online dan juga mobile melalui anak perusahaannya, Alimama. Dimana anak perusahaan Alibaba tersebut menjadi sarana pemasaran online bagi situs e-commerce lainnya, seperti Taobao dan Tmall.com.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan mengatakan,“Saham strategis Alibaba dengan mengakusisi AdCina diharapkan dapat  meningkatkan kekuatan kompetitif dalam bisnis yang sudah ada.” Selain itu, AdCina juga nantinya akan bekerjasama dengan anak perusahaanya Aliyun, dalam bisnis komputasi awan di Cina.