Teknopreneur.com- Ada berita baru yang mungkin akan mencemaskan bagi para pengguna Android. Google ternyata diam-diam memutuskan untuk mengakhiri update keamanan untuk fitur WebView yang umum digunakan bagi semua pengguna Android 4.3 lebih dikenal sebagai Jelly Bean dan versi bawah lainnya. Ini tentu menjadi berita yang mengejutkan di tahun 2015, bagi sekitar 930 juta pengguna android seperti yang dilansir dari Forbes (12/1)

Fitur WebView ini memungkinkan aplikasi di gadget membuka halaman web pengguna tanpa mengakses aplikasi lain. Ini adalah perhatian utama bagi pengguna android karena belakangan WebView telah dipenuhi bug dan merupakan target para hacker. WebView berinteraksi dengan banyak aplikasi dan fitur lainnya pada ponsel pengguna, sehingga menjadi alat yang baik untuk para hacker yang ingin masuk ke gadget pengguna.

Atas tindakan Google ini, pengguna pun kecewa, pasalnya bukannya memberi peringatan, Google diam-diam justru memutuskan untuk mengakhiri update keamanan untuk WebView pada Android 4.3 dan versi bawah lainnya.

Bagi pengguna Android Lollipop mungkin ini tak jadi soal, karena Google WebView tidak mengikat sistem operasi untuk versi itu, dan mereka dapat mengatur update otomatis untuk WebView dari Play Store. Tapi tetap saja itu tidak membantu bagi kebanyakan orang karena hanya sekitar 0,1% dari pengguna Android saat ini yang menggunakan Lollipop.

Namun dengan adanya masalah ini, ada sesuatu yang dapat dilakukan jika Anda menggunakan Android 4.3 atau versi di bawahnya. Karena fitur ini bekerja dengan membiarkan aplikasi membuka halaman Web, Anda bisa menghindari serangan hacker dengan tidak mengklik link dalam aplikasi, seperti berita yang diposting di Facebook atau Twitter. Sebaliknya, Anda bisa menyalin link dari dalam aplikasi dan kemudian membukanya menggunakan gadget browser bawaan web atau google chrome.

Dan satu lagi, jangan pernah meng-klik atau mengikuti link dari sumber yang tidak dikenal dan percaya, karena bisa membawa Anda ke halaman web yang  sarat dengan malware.

Foto: www.theregister.co.uk