Teknopreneur.com – Berdasarkan riset terbaru Gartner menunjukkan bahwa tahun ini pengiriman PC terus mengalami peningkatan meskipun relatif lamban. Tahun ini menurut Gartner penjualan tablet bakal mencapai puncaknya, dengan pengiriman PC di seluruh dunia pada Q4 2014 tumbuh 1% dari tahun ke tahun, terhitung sejak 2012. 

Selama dua tahun terakhir kepopuleran perangkat mobile telah mempengaruhi pasar PC dan laptop diseluruh dunia. Hal tersebut seperti yang dikutip dari laman TechCrunch (12/1).

Jika dilihat secara wilayah, pengiriman Laptop di Amerika Serikat pada Q4 2014 mengalami peningkatan 13,1% dari tahun ke tahun, dikarenakan laptop murah dengan harga kisaran US$200 sampai US$300, seperti netbook dan laptop dengan layar yang dapat dilepas telah mendorong pertumbuhan penjualan laptop.

Sementara di Eropa, Timur Tengah (middle east) dan Afrika (EMEA), pada Q4  2014 volume pengiriman tumbuh sedikit, yakni sekitar 2,8% atau 26,6 juta unit. Begitu juga yang terjadi di Asia Pasifik, pengiriman laptop meningkat 2% atau 26,5 juta unit pada kuartal keempat 2014.

Menurut seorang analis Gartner, Mikako Kitagawa pengguna perangkat komputer saat ini lebih terfokus pada konsumsi konten digital yang berada di smartphone dan tablet. Ditambah lagi, dengan kebutuhan pasar yang berubah seiring berjalannya waktu membuat para konsumen lebih memilih untuk menggunakan perangkat mobile, seperti tablet atau smartphone dengan kemampuan yang hampir sama ketimbang PC desktop yang dianggap tidak efisien.

Akan tetapi, belakangan ini dikabarkan tren permintaan PC dan Laptop seakan naik kembali, sesuai dengan riset Gartner yang menyatakan bahwa sejak pertengahan tahun lalu para pengguna mobile menjadi frustasi dengan keterbatasan yang ada pada smartphone maupun tablet. Sehingga dimungkinkan pasar PC dan Laptop akan kembali tumbuh pada tahun ini.