Teknopreneur.com – Kenapa Apple dan Google tiba-tiba menjadi sangat tertarik untuk menyediakan layanan musik streaming? Hal itu dikarenakan, menurut Statistik terbaru dari Spotify, orang kian banyak yang mendengarkan musik streaming via mobile, sehingga dimungkinkan dapat memperoleh lebih banyak pengguna untuk sistem operasi iOS ataupun Android.

Dalam Statistik Spotify juga menyatakan saat ini 42% orang sudah mendengarkan musik streaming lewat ponsel, berbeda tipis dengan desktop, yakni 45%. Sedangkan yang mendengarkan musik streaming lewat tablet baru 10%, dan yang melalui web musik streaming hanya mencapai 3% saja.

Hal itu seperti yang dikutip dari TechCrunch, Sabtu (10/1). Menurut data Spotify saat ini total pengguna aktif bulanan mencapai 50 juta user dengan 12 juta pelanggan berbayar.

Kemudian penggunanya baik yang melalui desktop maupun mobile rata-rata menghabiskan waktu 150 menit per hari untuk mendengarkan musik di Spotify. Namun, jumlah pengguna yang mengunduh lagu turun 12% di Amerika Serikat pada tahun 2014 kemarin, sementara lagu streaming kian meningkat hingga 54% sepanjang tahun.

Hal tersebut menandakan adanya peningkatan yang pesat dalam menikmati musik melalui perangkat mobile.  Setelah sukses dengan miliaran dolar atas penjualan hardware, Apple seakan masih haus darah untuk memberikan layanan musik streaming dan bekerja sama dengan Spotify, yang berpotensi mengurangi pendapatan  US$10 per bulan bagi Spotify.

Namun, belum diketahui apakah layanan streaming tersebut akan dibendel di dalam iPhone atau pra-instal, yang mungkin juga berpotensi meningkatkan jumlah pengguna Spotify. Dengan hadirnya, layanan musik streaming diharapkan akan membangun sistem baru berbasis mobile dan menjadi pelopor di masa mendatang.