Teknopreneur.com – Perusahaan yang besar dan dikenal sebagai e-commerce, Alibaba Group sebagai penjual barang-barang secara online, sekarang tidak lagi sekadar itu saja. Raksasa jualaan online asal Cina ini, mengumumkan akan memproduksi sebuah film pertama melalui anak perusahaannya bernama Alibaba Pictures Group, yang sebelumnya mengakuisisi ChinaVision Media Group pada tahun lalu.

Proyek film yang pertama ini digarap oleh pembuat film ternama di Hong Kong, yakni Wong Kar-wai dan juga berkolaborasi dengan Tony Leung. Keduanya, telah bekerja sama dan berhasil membuat film dengan judul In the Mood For Love, yang sukses mereka telurkan pada tahun 2000-an, sekaligus menjadi film Wong yang mungkin paling dikenal khalayak.

Hal tersebut, seperti yang dikutip dari laman TechCrunch, Minggu (11/1). Dalam film yang akan digarapnya bersama Alibaba Group mendatang diberi judul Bai Du Ren, yang artinya penambang dan akan didistribusikan secara online oleh Alibaba online sendiri, juga dibantu situs belanja online lainnya Taobao dan Tmall.com untuk mengiklankan film tersebut.

CEO sekaligus Direktor Eksekutif Alibaba Pictures Group, Zhang Qiang mengatakan,“Perusahaan akan memanfaatkan komputasi awan Alibaba Group dan teknologi big data untuk membantu permintaan pelanggan dan menciptakan ekosistem yang komprehensif untuk perusahaan produksi film dan pemasaran bisnis.”

Cina merupakan pasar film terbesar kedua di dunia dan menyumbang 36% pendapatan box office dengan nilai US$4,8 miliar pada tahun 2014. Sayangnya untuk pembuat film lokal masih sedikit peminatnya, karena kebanyakan penonton lebih memilih untuk menonton film yang diimpor dari Hollywood.

Bahkan Pada 2017, pemerintah Cina berencana untuk menambah kuota film impor, yang berarti semakin mempersempit celah untuk film buatan lokal mereka. Keberhasilan Alibaba di kedua usaha ini masih harus dilihat, tetapi mungkin akan diuntungkan dengan jutaan pelanggan e-commerce yang mereka miliki.