Teknopreneur.com- Dalam beberapa kesempatan pernahkah anda berpikir bahwa teknologi kini mampu menggantikan banyak hal. Di tahun mendatang mungkin kita akan berpendapat bahwa saingan manusia bukan lagi sesama manusia. Kita akan memasuki era bersaing dengan robot. 

Ini bukan pikiran tanpa dasar. Dalam dua laporan terpisah selama dua tahun terakhir, para peneliti memprediksi bahwa munculnya pekerja robot sudah dekat. Di Inggris, Deloitte dan University of Oxford memperkirakan bahwa 10 juta pekerjaan kasar bisa diambil alih oleh robot. Tahun lalu, Oxford Penelitian memperkirakan bahwa 45% dari pekerjaan AS di seluruh spektrum industri bisa otomatis dan diambil alih oleh komputer dengan 2033.

Otomatisasi dan robotika memang tidak selalu identik, tapi jelas saling terkait, terutama ketika berbicara tentang kecerdasan buatan.

Apa saja pekerjaan yang bisa dilakukan oleh robot di masa ini? Mari lihat beberapa diantaranya yang sedang diujicobakan, dikutip dari mashable.com.

1.   Penjaga Kebersihan

Tugas membersihkan rumah atau ruangan bukanlah pekerjaan yang mudah. Membersihkan kuman dan virus. Sulit bukan? Tapi kali ini Anda boleh membayangkan bahwa setiap kuman, jamur, bahkan virus ebola bisa dibasmi dengan bantuan robot Xenex Ebola Robot yang menggunakan sinar UV untuk membasmi bakteri, jamur dan lainnya. Robot ini ada di sebuah rumah sakit di California Utara.

2.   Guru

Anda mungkin pernah meihat robot yang tampak menyeramkan. Tetapi tidak dengan yang satu ini, beberapa anak di sekolah Connecticut belajar dibantu oleh robot humanoid. Robot NAO ini tingginya 22inci dibuat perusahaan teknologi Perancis Aldebaran. Dan dirancang untuk menjadi robot pendidikan. Namun untuk saat ini belum bisa menggantikan guru, tapi mungkin memenuhi syarat sebagai asisten dosen.

3.   Atlet

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh robot. Salah satunya adalah menjadi seorang atlet. Saat ini sudah ada robot dengan kemampuan sebagai pemain sepak bola, robot ping pong, namun masih sebatas melawan diri mereka sendiri. Belum bisa bermain secara profesional.  Tapi apa jadinya ya jika ada robot yang mengambil peran sebagai atlet?

Sebuah tim ilmuwan Jepang mengajarkan robot untuk menangkap, memukul, dan berlari dilapangan. Tim ilmuan dari Laboratorium Universitas Ishikawa Watanabe Tokyo ini akan  menggabungkan robot-robot dalam satu liga utama Android.

4.   Perawat

Menjadi perawat adalah sebuah kerja keras. Tidak hanya merawat beberapa pasien di rumah sakit, kadang-kadang persawat harus memindahkan mereka, dari kamar satu ke kamar lainnya.

Tapi sekarang ada sebuah robot tempat tiduryang bisa melakukan semua pekerjaan itu. Abacus Global Technology meluncurkan  Epush robot bed di Singapore’s Khoo Teck Puat Hospital. Robot ini tidak hanya memiliki motor untuk membantu dalam bergerak, namun kecerdasan yang cukup untuk mempertahankan kecepatan yang aman dan menyesuaikan jika terjadi perubahan medan. Misalnya dari  karpet ke ubin. Tampaknya temuan ini akan memotong jumlah pekerja manusia sebagai perawat.

5. Petugas Penjualan

Seberapa sering Anda meminta bantuan kepada petugas penjualan? Memintanya untuk menunjukkan produk? Dan bisa jadi mereka hanya menggaruk kepala dan mencoba mengingat dimana letak barang tersebut.

Sebuah pegawai toko berupa robot tidak akan melakukan hal seperti itu. Ia akan tahu lebih banyak tentang toko itu. Robot bernama OSHbot sudah di ujicobakan di Orchard Supply Store. Dimana ia sibuk  membantu pelanggan menemukan produk. OSHbo benar-benar memiliki peta toko di otak dan di dalam GPS.

6.  Penjaga Pintu Hotel

Sebuah robot yang menunjukkan dimana kamar hotel Anda. Ia meluncur hampir wajar, tidak banyak bicara tetapi bisa membuat Anda terkagum-kagum.  Tahun ini, robot, SaviOn di Hotel Aloft di Cupertino, California, bisa membantu dan memaksa menjadi mitra manusia.

Pada tahun 2014, ia hanya bagian dari program uji coba, tapi dipastikan oleh  Starwood Hotels, yang memiliki Aloft pada tahun 2015, perusahaan ini akan memperlihatkan pasukan kecil berupa robot dari logam dan plastik untuk melayani para tamu dengan nyaman.

7.  Aktor

Sebenarnya sudah cukup buruk bahwa sebagian besar aktor harus bersaing dengan puluhan orang lain untuk mendapatkan sebuah peran. Namun, kini mereka juga harus bersaing dengan robot. Ini terjadi pada Oktober tahun lalu di Budapest, Hongaria. Sebuah robot yang disebut Repliee S1 memainkan peran dalam sebuah pementasan yang tidak biasa berjudul Franz Kafka’s Metamorphosis.

8. Pilot

Sudah ada cukup banyak otomatisasi dalam pesawat modern. Lalu apa itu robot pilot.

Namanya Pibot, dikembangkan oleh Korea Selatan Advance Institut Sains dan Teknologi, robot humanoid berfitur lengan, kaki dan kepala ini dirancang untuk menerbangkan pesawat ke dalam situasi berbahaya.

Di tahun ini sepertinya robot ini belum bisa bekerja secara maksimal dalam sebuah penerbangan komersial. Karena membutuhkan waktu beberapa tahun untuk mengajar pilot robot ini bagaimana berbicara dengan aksen Midwest.

Melihat kecanggihan ini, bukan tidak mungkin di tahun 2015 ini dan selama beberapa dekade yang akan datang, rekan kerja berupa robot dan robot pengganti akan bertambah semakin banyak. Dan pekerjaan seperti reporter misalnya mungkin juga bisa digantikan oleh robot di masa depan ya?

 

Foto: www.informationng.com