Teknopreneur.com– Gartner melihat hal-hal seperti robot dan drone akan menggantikan sepertiga dari semua pekerja pada tahun 2025, dikutip dari computerworld.com. Apakah Anda setuju? Ini tentu akan mempengaruhi dunia bisnis juga.

Pernyataan Gartner di atas terlihat sangat provokatif. Tapi mari kita ambil contoh, drone, misalnya.

menurut Peter Sondergaard, direktur riset Gartner, dalam lima tahun, drone akan menjadi bagian standar dari operasi di banyak industri, digunakan dalam pertanian, survei geografis dan inspeksi pipa minyak dan gas.

“Drone hanya salah satu dari banyak jenis teknologi yang meluas melewati dunia teknologi informasi tradisional. Ini adalah mesin cerdas,” kata Sondergaard.

diungkapkan Sondergaard mesin pintar ini akan banyak melakukan berbagai pekerjaan, baik fisik dan jenis intelektual. Selain itu, Gartner mengatakan kemampuan kognitif dalam perangkat lunak juga akan meluas ke sektor lain, termasuk analisis keuangan, diagnosa medis dan pekerjaan analisis data dari

“Pekerjaan berbasis pengetahuan akan berjalan otomatis,” ujar Sondergaard.

Prediksi Gartner tentang satu dari tiga pekerjaan akan dikonversi ke perangkat lunak, robot dan mesin pintar pada tahun 2025 memang bukan tanpa alasan. Sondergaard mengatakan alasannya adalah bisnis digital baru membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja, mesin akan memahami data yang lebih cepat daripada yang manusia bisa.

Prediksi Gartner ini, nampaknya harus dipikirkan secara serius, atau juga menjadi peringatan bagi Chief Information Office (CIO) dan manajer TI untuk mempertimbangkan bagaimana mereka akan beradaptasi di masa depan.

“Pintu terbuka bagi CIO dan organisasi TI untuk menjadi pemain utama dalam kepemimpinan digital,” kata David Aron, seorang analis Gartner.

Untuk menjadi pemimpin yang efektif, Gartner berpendapat bahwa peran CIO selain berfokus pada mengukur hal-hal seperti biaya juga harus dapat memimpin sebuah visi dan menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh bisnis mereka atau lembaga pemerintah untuk mengambil keuntungan dari sebuah teknologi cerdas.

 

Foto: www.software-forex.org