Teknopreneur.com – Mungkin bagi para pecinta sepeda, sangatlah mengaharapkan kendaraan yang digunakan untuk berjalan ataupun untuk pergi ke kantor, dapat memberikan rasa aman. Dikarenakan, pengendara sepeda sendiri juga memiliki risiko terjadinya kecelakaan karena masih berada satu jalur dengan kendaraan lainnya, seperti mobil, motor, ataupun angkutan lainnya.

Dalam sebuah pagelaran teknologi Consumer Electronics Show (CES) yang berlangsung di Las Vegas, memperkenalkan sebuah Pedal Cerdas yang dapat memperingatkan ketika sepeda dicuri, serta helm untuk menghindari pengendara sepeda dari kecelakaan. Hal tersebut, seperti yang dikutip dari BBC News, Rabu (7/1).

Pedal tersebut dilengkapi sebuah sensor yang dapat memberikan sinyal ke gadget Anda, ketika sepeda dicuri dan dapat memposisikan di mana sepeda tersebut berada. Kemudian untuk prototipe helm yang dikembangkan oleh Volvo tersebut dapat memperingatkan ketika jarak sepeda Anda terlalu dekat dengan kendaraan lainnya, serta memungkinkan pengendara sepeda mengetahui blind spot mereka.

Sistem tersebut menghitung lintasan potensial kecelakaan dari kedua kendaraan, yakni sepeda dengan mobil. Dimana mobil akan menerapkan rem otomatis dan juga diperingatkan melalui head up display jika berada terlalu dekat dengan sepeda. Begitu pula pengendara sepeda, akan diperingatkan melalui lampu yang dipasang pada helm tersebut.

Juru bicara Volvo, Klas Bendick mengatakan kemampuan sistem peringatan tersebut  bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan. Data menunjukkan 50% dari semua pengendara sepeda di jalan tewas, karena bertabrakan dengan mobil.

Dirinya pun menyatakan,“Dengan mengeksplorasi sistem keselamatan berbasis cloud, kita sekarang semakin dekat untuk menghilangkan titik buta (blind spot) antara mobil dengan pengendara sepeda, sehingga diharapkan dapat menghindari atau bahkan mengurangi angka kecelakaan.”