Teknopreneur.com – Para peneliti dari Universitas Maryland dan pusat penelitian Australia NICTA telah menemukan cara baru yang mudah untuk mengajarkan robot cara menggunakan alat-alat hanya dengan menonton dari Youtube.

Dikutip dari Venturebeat (02/01) demonstrasi yang dilakukan sangat impresif menggunakan jenis artificial intelligence yang disebut deep learning, deep learning memerlukan training system yang disebut dengan jaringan artificial neural yang memiliki banyak informasi yang diperoleh dari audio, gambar, atau input yang lain, yang kemudian mempersembahkan sistem dengan informasi baru dan sistem kemudian menarik kesimpulan.

Para peneliti memperkerjakan convolutional neural network (CNN), dimana sistem ini digunakan pada Facebook, dan hampir diseluruh perusahaan. Sistem ini berguna untuk mengidentifikasi tangan untuk memegang suatu alat dan mengenali suatu objek, sistem ini juga memprediksi gerakan yang berkaitan dengan objek dan tangan.

Untuk melatih model robot mereka, peneliti memilih 88 video orang yang sedang masak pada Youtube. Dari sana peneliti memberikan perintah pada robot untuk melakukannya.

Para peneliti berkesimpulan mereka yakin persiapan integrasi sistem menambah harapan kepada intelegensi robot untuk memanipulasi suatu tugas yang secara otomatis dan memperkaya sumber pengetahuan miliknya dengan menyaksikan rekaman dari internet.

 

Penulis: Aswin