Teknopreneur.com – Facebook Inc, baru-baru ini dikabarkan telah mengakuisisi perusahaan teknologi pengenalan suara (voice recognition) yang dapat dihubungkan ke perangkat-perangkat yang terhubung dengan internet (connected device). Hal ini menandai, bahwa ambisi Facebook untuk memperluas jangkauan bisnisnya dan tidak berkutat pada dunia komputer dan smartphone saja.  

Hal tersebut, seperti yang dikutip dari laman Reuters, Senin (5/1). Facebook menyatakan perusahaan yang diakuisisi bernama wit.ai pada hari Senin, dan tanpa pembayaran kesepakatan. Perusahaan yang berusia 18 bulan itu, berbasis di Palo Alto, California sebagai perusahaan pembuat perangkat lunak yang dapat memahami kata-kata yang diucapkan, serta mampu mengutarakan teks tertulis dalam “bahasa alami.”

Seorang wakil dari Facebook, menolak untuk berbicara mengenai rincian tentang rencana  apa yang dimiliki oleh Facebook dengan adanya teknologi tersebut, atau dengan tim mana wit.ai akan bekerjasama dengan Facebook.

Kesepakatan Itupun dianggap sebagai langkah perusahaan teknologi dalam melakukan sebuah ekspansi bisnis dalam menciptakan perangkat yang terkoneksi dengan internet, mulai dari jam tangan hingga mesin cuci. Sekilas voice recognition memiliki teknologi yang mirip, seperti Apple Inc  yang dikenal dengan Siri, yang terlihat dapat menimbulkan daya tarik bagi konsumen.

Facebook merupakan jejaring sosial terbesar di dunia dengan 1,3 miliar pengguna, dan  saat ini mulai keluar dari lingkarannya baik itu PC, tablet, ataupun smartphone. Perlu diketahui, pada bulan Maret 2014 jejaring sosial tersebut telah mengakuisisi perusahaan virtual reality headset, Oculus dengan nilai US$2 miliar.

Sedangkan kesepakatan antara Facebook dengan wit.ai, masih belum jelas yang kemungkinan nilai kontraknya akan lebih kecil mengingat Wit.ai merupakan perusahaan start up. Dimana pada Oktober kemarin, perusahaan start up tersebut mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan dana sebesar US$3 juta yang diperoleh dari perusahaan venture capital, Andreessen Horowitz.