Teknopreneur.com – Ketika Nokia diakusisi oleh microsoft bukan berhenti kiprah Nokia terhenti, salah satunya melalui Nokia HERE. Unit bisnis ini memiliki fokus membangun peta di berbagai jenis ecosystem seperti Android, Windows Phone,maupun web, GPS kendaraan, location based services. dan iOS yang segera akan hadir.

Dalam membangun peta, selain melakukan pengumpulan data langsung oleh HERE team, Nokia HERE juga melibatkan partisipasi masyarakat melalui online tool HERE Map Creator.  Dengan fasilitas ini masyarakat dapat melakukan kontribusi informasi publik, baik berupa jaringan jalan, lokasi-lokasi penting, dan nomor rumah langsung darimana saja dan kapan pun.

Fasilitas pemetaan ini diberikan secara gratis kepada masyarakat secara non-commercial, dimana setiap orang di seluruh dunia bebas dan secara sukarela dapat berkontribusi di seluruh wilayah Indonesia. Sejak tool ini diperkenalkan pada tahun 2013, total masyarakat yang telah bergabung dan berkontribusi mencapai lebih dari 1,000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total kontribusi >200,000 km jaringan jalan, >150,000 Lokasi-lokasi penting, >80,000 nomer rumah, dan 10 Map Master (anggota komunitas dengan kontribusi yang signifikan).

Untuk mewadahi para kontributor yang telah berperan penting dalam membangun Peta HERE; Nokia HERE membentuk komunitas yang bernama HERE Expert Community. Tujuan dari komunitas ini untuk memberikan media apresiasi dan sarana diskusi kepada para kontributor peta HERE.

Selain mengajak masyarakat umum yang peduli dan memiliki misi untuk mempromosikan tempat tinggalnya atau memberikan informasi geospatial yang baik bagi masyarakat melalui peta online, HERE Expert Community Indonesia saat ini juga memiliki jejaring komunitas di berbagai Universitas di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi 10 November, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Jenderal Soedirman.

Universitas yang tergabung di dalam HERE Expert Community memiliki peran yang tidak kalah penting, selain memberikan kontribusi seperti masyarakat umum, beberapa program studi dari universitas tersebut juga memasukkan program community dari HERE sebagai salah satu kurikulum pengajaran mereka dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti program internship, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman lebih dalam di dunia professional.

Dan dalam rangka mengakomodir antusiasme dan permintaan masyarakat (3/1). Nokia HERE juga mengadakan community event dengan mengundang sejumlah anggota komunitas untuk datang ke kantor Nokia HERE Jakarta. Event ini bertujuan untuk menginformasikan program komunitas Nokia HERE di tahun 2015, memperkenalkan salah satu Map Master di HERE Expert Community, dan mewujudkan salah satu permintaan masyarakat untuk mencoba langsung Mobile Advance Collection tools, yang bernama “HERE True”.