Teknopreneur.com – Perusahaan pembuat chip, Nvidia, baru-baru ini memperkenalkan prosesor yang bertujuan untuk membuat sebuah tampilan powering grafis pada dashboard mobil serta untuk sistem automobile yang canggih. Dalam sebuah acara di Las Vegas menjelang Consumer Electronics Show, Chief executive Jen-Hsun Huang mengatakan Tegra X1 Chip akan menjadi bagian dari sistem komputasi di mobil cerdas.

Hal tersebut, seperti yang dikutip dari laman Ruters, Senin (5/1). Lebih lanjut ia pun menyatakan, “Mobil masa depan akan memiliki sejumlah besar kemampuan komputasi.”

Dirinya pun menuturkan, saya membayangkan jumlah pengguna mobil tersebut akan tumbuh sangat cepat. Perusahaan pun mengatakan Tegra X1 memiliki kemampuan dua kali dari kinerja pendahulunya –Tegra K1— yang akan keluar pada 2015.

Sebuah platform yang nantinya akan menggabungkan dua chip X1, untuk dapat memproses data yang dikumpulkan dari 12 kamera dengan definisi tinggi. “Dikombinasikan dengan software generasi berikutnya, sehingga chip dapat membantu mendeteksi dan membaca tanda-tanda jalan, mengenali pejalan kaki dan mendeteksi pengereman kendaraan,” katanya.

Sebagaimana diketahui Nvidia merupakan salah satu produsen chip untuk smartphone dan tablet serta lebih besar dari Quallcomm. Namun, Nvidia kini makin fokus pada menggunkan Tegra chip mobile untuk dipasangkan pada mobil, yang mana sudah dipasok ke perusahaan mobil dunia, seperti Audi, BMW, dan Tesla.

Oleh karena itu, pada kuartal ketiga pendapatan dari chip Tegra untuk mobil dan perangkat mobile melonjak hingga 51% menjadi US$168 juta, dengan pendapatan Nvidia secara keseluruhan  mencapai US$1,225 miliar.