Tak bisa disangkal lagi, bahwa ke depan Hong Kong akan menjadi wilayah yang makin menggiurkan bagi para startup. Ini dia salah satu perusahaan yang memanfaatkan daya tarik Hong Kong untuk memperluas bisnisnya. Nanoleaf  adalah startup hardware asal Kanada yang membuat LED bola lampu paling efisien dunia.

“Shenzhen, Guangzhou dan daerah Dongguan adalah pusat untuk segala sesuatu yang dibuat, dan Hong Kong yang begitu dekat dengan Taiwan juga membuat tempat ini semakin sempurna,” kata co-founder dan COO Nanoleaf, Christian Yan.

Buktinya, dalam tahapan untuk perlindungan IP, Nanoleaf mendaftarkan merek dagang di Cina, Hong Kong, Eropa dan Amerika Serikat. Dan Yan mencatat perbedaan besar dalam efisiensi yang terjadi di Hong Kong. Ketika proses pendaftaran di Hong Kong selesai dalam waktu enam bulan, AS dan Eropa menyelesaikan segera setelah itu, Nanoleaf masih menunggu persetujuan Cina. Yan mengatakan pengusaha yang ingin mengajukan permohonan desain atau utilitas paten di Cina, harus menunggu lebih dari tiga tahun.

Selain itu, menurut Yan faktor kedekatan dengan basis manufaktur dan tim engineering sangat penting untuk setiap startup hardware. Yan kemudian menerapkan itu membuat dua kantor di Hong Kong dan Shenzen. Perjalanan antara dua kota ini hanya membutuhkan waktu dua jam dengan bus, dan  hanya satu jam antara Shenzhen dengan Dongguan.

“Dalam 8 bulan terakhir, kami mendirikan lini produksi kami di Dongguan dan kami membutuhkan insinyur dan manajer kualitas dan produksi kami di sana. Kami mengunjungi mereka 1-2 kali seminggu, yang merupakan rumus untuk mendapatkan sesuatu yang baik dalam bisnis,” terang Yan.

Dalam banyak hal, ia meyakini caranya ini bahkan lebih efisien daripada perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat, yang mungkin harus terbang ke keluar sebulan sekali.

“Kami tepat di samping mereka. Jika ada gangguan muncul atau timbul masalah produksi, kami sudah berada di sana,” tambah Yan.

Kedekatan tempat telah memberikan kontribusi bagi keberhasilan Nanoleaf. Dengan mitra distribusi di AS, Kanada, Jerman, Skandinavia, dan Dubai, Yan mengungkapkan Nanoleaf memiliki 50.000 unit produk siap untuk dijual secara global dan akan memperluas bisnis ke Australia dan Cina tahun ini.