Teknopreneur.com – Future Finance merupakan trend di masa depan yang berkaitan dengan sistem finansial global. Dikutip dari CNN (02/01) contohnya seperti bagaimana cara Anda membayar kopi yang Anda beli pada pagi ini?

Bila Anda di San Fransisco, cukup dengan melambaikan smarphone milik Anda pada payment terminal, di London cukup dengan menekan gelang khusus pada payment terminal, sedangkan di Nairobi cukup dengan mengirim pesan SMS, dan bila Anda di Swedia cukup melakukan pembayaran dengan mengayunkan tangan pada mesin pembayaran.

Cara kita menggunakan uang kini sudah berubah, apakah menggunakan mobile phone atau kartu tanpa kontak, atau menggunakan gadget dan biometrik, cara kita melakukan pembayaran dan mengeluarkan uang semakin mendorong kearah yang bercampuran, dan membimbing pada kebangkitannya transaksi tanpa cash.

Sarah Clarck, editor dari NFC World+ mengungkapkan banyak teknologi yang orang-orang coba dan membawa ke masyarakat untuk melakukan cara pembayaran baru, namun tidak cukup jelas dikarenakan cara membayar di supermarket kemungkinan akan berbeda dengan cara membayar di coffee shop. Ia menambahkan kita yang berada di dunia nyata sedang mempelajari fase tersebut saat ini.

 

Penulis: Aswin