Teknopreneur.com – Apakah Anda adalah seorang pecinta Apple? mungkin akan menjadi kesal, ketika smartphone Anda tidak sesuai dengan yang diiklankan. Sudah barang tentu, produsen smartphone itu akan ditunjuk oleh para konsumennya. Imbasnya, produsen pun mesti memberikan penjelasan tentang hal tersebut.

Hal itu, seperti yang dikutip dari BBC News, Senin (2/1). Apple baru-baru ini mendapatkan sebuah gugatan karena tidak memberitahu pengguna tentang jumlah memori yang dibutuhkan oleh sistem operasinya yang terbaru.

Terbukti, keluhan berasal dari pengguna dengan sisitem operasi iOS 8 baik itu untuk pengguna iPod, iPhone dan iPads. Keluhan tersebut diajukan oleh seorang warga Miami, California yang bernama Paul Orshan dan Christopher Endara yang mengatakan bahwa iOS 8 memakan begitu banyak ruang hingga 23,1% dari memori yang tersedia dan jauh lebih sedikit daripada yang diiklankan.

Selain itu, untuk perangkat Apple yang ingin upgrade dari iOS versi 7 ke  versi 8 dapat memakan tempat  penyimpanan hingga 1,3GB. Jumlah memori digunakan untuk sistem iOS 8 membuat pengguna kehabisan tempat penyimpanan data dan seakan Apple memaksa orang untuk mendaftar di sistem penyimpanan iCloud fee based-nya.

Namun, Sejauh ini Apple belum memberikan respon apapun atas gugatan tersebut. Sebagaimana, upgrade terbaru untuk iOS 8 dirilis pada akhir September, tetapi Apple terpaksa menarik kembali update-an tersebut, karena dianggap bermasalah yang mengakibatkan banyak iPhone 6 tidak bisa melakukan panggilan.

Apple pun meminta maaf kepada publik atas pembaruan yang gagal itu. Akan tetapi, perusahaan menyatakan penggunanya hanya sekitar 40.000 orang yang terkena dampak tersebut. (FJ)