Teknopreneur.com – Ponsel bukan lagi menjadi barang mewah. Makanya harganya tak lagi semahal waktu baru dikeluarkan. Ponsel canggih yang dulunya harganya mencapai jutaan kini bisa dibeli dengan uang ratus ribuan.

Namun jangan terkecoh, karena kini banyak ponsel asal, asli atau palsu beredar di pasaran. Ponselnya memang asli namun itu daur ulang. Jadi kualitasnya tak sebagus penampilannya. Jadi harap maklum jika Anda membeli ponsel  yang bersegel dan penampilannya masih baru namun cepat rusak hanya dalam hitungan bulan.

Mengapa bisa demikian

Dikutip dari majalah Sains Indonesia, Boy Hamidi salah satu pakar ponsel mengatakan Indonesia telah menjadi sasaran empuk negara pengimpor ponsel daur ulang, dari negara China, Jepang dan Korea. Harganya bisa lebih murah 25% hingga 50%. Mereka mengolah kembali limbah-limbah ponsel, seperti LCD monitor dan mesinnya kemudian dirakit ulang. Sedangkan casing,charger dan aksesoris lainnya diganti dengan yang baru.

Agar terhindar dari ponsel daur ulang, maka disarankan membeli ponsel di penjualan resmi selain itu bisa mendapatkan garansi juga.