Teknopreneur.com – Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin mengatakan,“Sebagai bagian dari kepedulian dan dukungan perusahaan sekaligus keprihatan kami terhadap musibah tersebut, Telkom Group dan Basarnas berkoordinasi untuk melengkapi Posko Utama Pencarian dan media center dengan sarana telekomunikasi terkini.” Sebagaimana hal tersebut, seperti yang dikutip dari laman Telkom.co.id, Senin (29/12).

Hal tersebut dilakukan, guna mempercepat pencarian pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ 8501 yang diperkirakan hilang di sekitar perairan Bangka-Belitung. Juga sekaligus memudahkan keluarga maupun media massa untuk mengetahui perkembangan terakhir hilangnya pesawat, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) dan Group bekerjasama dengan Basarnas telah membuka Posko Utama Pencarian Pesawar Air Asia QZ 8501 di Kantor Basarnas Jakarta dan kota lainnya.

Telkom Group menyediakan dan meningkatkan kehandalan dan kestabilan layanan fasilitas telekomunikasi untuk mempermudah proses pencarian. Hingga saat ini, Telkom Group telah melakukan upgrade layanan VPN 1Mbps di tiga kota, yakni Pontianak, Tanjung Pinang dan Pangkal Pinang. Sementara untuk di Kantor Basarnas di Jakarta, Telkom Group menyediakan layanan Astinet 60Mbps.

Fasilitas telekomunikasi tersebut, selain dapat dimanfaatkan untuk pencarian pesawat juga dapat digunakan oleh para awak media yang berada di media center. Sementara itu, pihak keluarga juga dapat memanfaatkan fasilitas telekomunikasi yang disediakan.

Menurutnya, Telkom Group juga telah memberangkatkan mobil SNG (Satellite News Gathering) ke Pangkal Pinang yang sedang dalam proses pengiriman. “Semoga dengan fasilitas telekomunikasi yang lengkap, koordinasi pencarian pesawat menjadi lebih baik dan pesawat secepatnya dapat ditemukan,”ujarnya.