Teknopreneur.com – Hampir setiap perusahaan melakukan yang namanya inovasi untuk meningkatkan kualitas produk yang akan ditawarkan. Namun, apakah inovasi tersebut dapat bertahan dan bersaing dengan produk lainnya?

PT Pindad (Persero) memberikan enam hal yang perlu diperhatikan ketika hendak berinovasi. Perusahaan pun menyatakan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah inovasi tersebut sesuai kebutuhan operasi user untuk pemakaian di Indonesia, sehingga mempunyai nilai tambah bila dibandingkan dengan produk yang tersedia di pasar.

Hal tersebut, seperti keterangan yang diberikan pihak Pindad kepada Teknopreneur.com. Lebih lanjut pihaknya pun menuturkan,“Hasil inovasi harus mempunyai desain yang memudahkan dalam pemakaian dan pemeliharaan oleh user.”

Perusahaan pun menambahkan, kualitas inovasi minimal setara dengan produk serupa. “Hasil inovasi juga harus memberikan efisiensi biaya dalam produksi,”kata mereka.

Selain itu, hasil inovasi seharusnya menggunakan bahan yang tersedia didalam negeri, sehingga memudahkan supply chain untuk material produksi dan suku cadang. Kemudian yang perlu diperhatikan lagi adalah inovasi tersebut dapat diterapkan untuk beberapa tempat atau bidang kerja yang berbeda.