Sebuah software Simulator for Wind Farm Applications (SOWFA) telah dibangun oleh National Renewable Energy Laboratory Departemen Energi (NREL) Amerika Serikat. Software ini dapat membantu menghitung seberapa bergelombang suatu tanah, suhu permukaan, dan variabel lainnya yang dapat mengubah aliran udara dan produksi energi dalam perkebunan angin.

Inovasi kunci dari SOWFA  sebenarnya adalah bahwa alat tersebut mensimulasikan berbagai skaladari pola cuaca regional ke ruang antara turbin. Ini memberikan gambaran yang lengkap bagaimana mengontrol setiap turbin dan mendeteksi efek pada turbin melawan arah angin. Juga membantu para peneliti memahami bagaimana kondisi atmosfer lokal mempengaruhi angin di sekitar perkebunan angin.


Menariknya SOWFA adalah alat pertama yang memungkinkan pengembang untuk meningkatkan kinerja tidak hanya dengan satu turbin angin, tetapi seluruh perkebunan angin. Dan tersedia secara gratis untuk akademisi, investor, pengembang angin, dan produsen. Tak hanya itu, pengguna pundapat berhubungandalam sebuah forum online di mana mereka dapat mendiskusikan masalah dan solusi dengan pengguna lain tentang aplikasi ini.


Aplikasi besutan NREL ini juga diharapkan mampu memotong kerugian produksi listrik sebesar 5%, Jika ini bisa menjadi kenyataan, ini akan memberikan keuntungan besar. Apalagi jikaaplikasi ini dapat bekerja di perkebunan angin di seluruh negeri dan dunia, pendapatan diprediksi  bisa bertambah hingga miliaran dolar.

 

Foto: www.nrel.gov