Teknopreneur.com – Entah apa yang sedang direncanakan oleh pemerintah China. Pasalnya, beberapa waktu yang lalu, mesin pencari termasyhur sejagad, Google, diblokir penggunaannya. Kali ini email gmail diblokir.

Memang, hal itu adalah kebijakan dari pemerintah masing-masing negara. Tiongkok memang sudah terkenal ketat menjaga alur informasi. Dan baru-baru ini, negeri Tirai Bambu itu dikabarkan telah memblokir akses ke layanan Gmail, mengacu data dari Google dan analisa dari Dyn Research.

Dugaan pemblokiran semakin kuat setelah melihat trafik Gmail yang turun drastis mendekati angka nol per laporan transparasi Google yang menyediakan informasi real-time tentang penggunaan layanan tersebut.

“Tiongkok punya sejumlah cara untuk bisa memblokir konten. Salah satu cara yang paling kurang ajar adalah memblokir alamat IP, dan ketika Anda melakukan itu, Anda bisa memblokir segala macam konten yang tersedia di dalam IP itu,” ujar Earl Zmijewski, VP of data analytics Dyn Research yang dikutip dari Mashable.