Teknopreneur.com-Virus dulu dengan mudah terdeteksi oleh perangkat mobile kita. Jika tiba-tiba ia mati dan menyala sendiri. Atau tak henti-hentinya ia mengirim data kepada perangkat mobile yang hidup Bluetoothnya.

Namun setelah media sosial membanjiri perangkat mobile, virus-virus tersebut seakan tersamarkan. Tapi kita masih bisa mendeteksinya. Menurut Direktur Keamanan Informasi, Aidil Chendramata, menjelaskan ada 6 ciri-ciri perangkat mobile kita terserang virus.

Pertama,Data stealer bisa diketahuin jika data dalam perangkat mobile dikirimkan kepada user lainnya. Kedua premium service abuser, jika perangkat mobile terinfeksi aplikasi dengan layanan premium tanpa sepengetahuan user. Ketiga, Jika perangkat mobile kita terus-terusan dikirimi oleh iklan online, tandanya sudah terinfeksi oleh Virus Click Frauds.

Ke empat, jika perangkat mobile kita sering mengunduh file atau apps yang berbahaya berarti ia terinfeksi oleh Virus Malicious Downloader. Ke lima, perangkat mobile akan terinfeksi virus Spying  jika lokasi user  bisa dilacak melalui data GPS dan akan mengirimkan datanya ke pihak ke tiga.  Dan terakhir terinfeksi virus Roote, jika  perangkat mobile diambil kendalinya secara kesuluruhan.