Teknopreneur.com – Tak sedikit orang yang mengeluhkan lambatnya kinerja PNS Indonesia. Makanya mulai tahun ini diterapkan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik pada Instansi Pemerintah atau lebih dikenal dengan siMaya. Aplikasi dalam dunia maya ini telah digunakan pada 15 Kementerian,12 Provinsi, 24 Kota,84 Kabupaten, dan 8 Lembaga/Komisi.

Dalam aplikasi si Maya ini tersimpan database berupa 239.912 jumlah surat dari  18.078 jumlah pengguna dan 10.920 jumlah unit kerja. Sedangkan Fitur eksisting si Maya sudah terdapat di fitur persuratan,kalender kegiatan, file penyimpanan data pribadi maupun organisasi dan timeline untu mengupdate suatu peristiwa atau sharing kegiatan.

Menurut Rini Widyantini Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, siMaya mulai diperkenalkan tahun ini dan akan semakin digencarkan tahun depan. Dan mulai tahun depan siMaya akan merambah ke Arsip Surat, Fitur Chat, VOIP, dan interkoneksi data antara siMaya dengan BKN. Dengan begitu tak ada alasan lagi bagi instansi pemerintah kita untuk berkerja.