Teknopreneur.com – Situs perjalanan online Tripadvisor, dikenakan denda sebesar € 500,000 oleh badan pengawas kompetisi bisnis Italia, karena diduga telah memberikan informasi yang menyesatkan. Perusahaan biro perjalanan online yang bermarkas di Amerika tersebut, semestinya menyajikan ulasan yang otentik dan asli, bukannya sebuah informasi palsu.

Hal tersebut seperti yang dilansir BBC News, Senin (22/12). Badan pengawas tersebut memulai penyelidikan selama tujuh bulan terakhir, setelah mendengar keluhan dari beberapa konsumen dan pemilik hotel.

Tripadvisor pun tampak keberatan dengan keputusan tersebut dan hendak mengajukan banding. Ulasan yang diterbitkan oleh Tripadvisor, yakni mulai dari hotel, restoran, sampai informasi wisata dan lainnya.

Namun, belakangan banyak kritik yang diterima dari konsumennya bahwa informasi yang diberikan tidak sesuai dan orang-orang menjadi sulit percaya. Badan pengawas Italia yang berbasis di Roma itupun mengatakan, informasi Tripadvisor yang menyesatkan tersebut diminta untuk dihentikan.

Akan tetapi, perusahaan pun menyatakan sistem dan prosedur mereka sebenarnya sangatlah efisien dalam melindungi konsumennya dari orang-orang yang ingin mengganggu ataupun merusak sistem pelayanan mereka. Tripadvisor pun menuturkan,“Kami yakin bahwa Tripadvisor merupakan sebuah jalan bisnis yang baik bagi konsumen, industri perhotelan maupun destinasi wisata dalam menjalankan bisnis online travel.”