Tanggal 22 Desember hari apakah itu? Ya, kemarin adalah hari dimana masyarakat Indonesia beramai-ramai merayakan hari ibu. Perayaan ini ternyata juga dilakukan oleh Tokopedia untuk mendukung kegiatan “Puncak Hari Ibu” yang diadakan oleh pemerintah kota Surabaya dalam rangka memberikan apresiasi kepada 234 Pahlawan Ekonomi (PE) Surabaya dan 999 Perempuan Pekerja Marginal (PPM) Surabaya. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan Program Kesetiakawanan Produktif Pahlawan Ekonomi (PE) Surabaya kepada 5.000 Perempuan Surabaya.

COO Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, mengatakan kegiatan ini merupakan langkah yang sangat tepat untuk menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

“Persaingan akan semakin ketat. Kompetisi bukan hanya akan datang dari dalam negeri, tapi luar negeri. Karena itulah, sekarang saat yang tepat untuk mulai meningkatkan kompetensi UKM-UKM Indonesia,” ujar Leontinus.

Tokopedia meyakini bahwa perempuan akan menjadi penggerak ekonomi yang kuat di masa mendatang. Hal ini terlihat dari data statistik yang menunjukkan bahwa perempuan mendominasi sekitar 50% dari jumlah penjual dan pembeli Tokopedia di sepanjang tahun 2014.