Teknopreneur.com – Perusahaan meluncurkan kendaraan yang bisa menyetir sendiri ini pada hari Senin, dikutip dari CNN (22/12) versi kali ini berfungsi secara maksimal, bahkan memiliki lampu depan yang berfungsi. Berbentuk bulat, berwarna putih keabu-abuan mobil ini dirancang tanpa alat menyetir yang permanen seperti pedal gas atau stir. Namun untuk memenuhi hukum negara, masih terdapat kontrol sementara yang bisa dilepas untuk keperluan “safety driver”, sehingga seseorang siap untuk mengambil alih apabila dalam keadaan darurat. Tujuan dibuatnya mobil ini untuk menghapus kontrol interior sehingga penumpang dapat melakukan hal seperti tidur, sementara mobil yang melakukan semuanya.

Tim self-driving Google akan terus menguji kendaraan tersebut pada private track di California, dimana kendaraan tersebut bekerja saat melewati lampu lalu lintas atau menghindari zona konstruksi. Google telah mengatakan tertarik untuk meluncurkan sebuah program pilot untuk mobil pada tahun yang akan datang.

Google merupakan salah satu dari banyak perusahaan yang mengembangkan teknologi mobil tanpa awak. Universitas dan produsen mobil besar seperti BMW dan Marcedes telah bekerja pada kendaraan yang sama juga. Google berharap untuk bisa memiliki versinya sendiri di jalan pada akhir dekade ini.

 

Penulis: Aswin