Teknopreneur.com – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara berharap para operator selain menyediakan layanan internet cepat atau disebut juga 4G LTE, tetapi juga dapat mengedukasi para pelanggan soal manfaat dan implikasinya. Termasuk soal paradigma masyarakat yang selama ini beranggapan bahwa penggunaan paket internet bisa bertahan selama satu bulan.

Hal tersebut, seperti yang dilansir dari laman resmi Kemkominfo, Senin (22/12). “Lakukan edukasi, untuk mengubah mindset pelanggan di Indonesia tentang paket data yang masih dalam hitungan waktu. Semisal dengan waktu sebulan tapi harga paket jadi lebih mahal, karena (jaringan 4G) transfer datanya lebih cepat serta volume pengunaan datanya pun lebih besar,”katanya.

Menurutnya ponsel 4G di Indonesia saat ini masih terbatas, sehingga diharapkan operator bisa bekerjasama dengan vendor ponsel untuk menghadirkan perangkat yang harganya terjangkau. Lebih lanjut, ia pun menyatakan,“Ini juga menjadi concern buat pemerintah, bagaimana caranya menyediakan banyak handset (4G) dengan harga lebih murah.”

Dirinya pun mengaku telah mendapat komitmen dari vendor ponsel lokal mengenai hal tersebut, seperti Polytron. Selain itu, pelayanan pelanggan oleh operator seluler juga jadi fokus Menkominfo.

Dengan hadirnya 4G, artinya pelanggan yang telah ada diharuskan menggunakan kartu SIM baru. Ia pun meminta agar operator semakin membenahi jaringan customer service mereka.

Menkominfo tak ingin operator mengulangi kesalahan yang sama, tatkala jaringan 3G digelar pada tahun 2006 lalu. “Saat itu layanan 3G terkendala karena penyebaran kartu SIM yang dianggap kurang optimal,”ujarnya.