Teknopreneur.com – Google mengumumkan sejumlah device dibawah nama Android One akan dipasarkan di tiga negara yaitu Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka. Dilansir dari Techcrunch (22/12) bersamaan dengan peluncurannya, Google berkata bahwa smartphone terbarunya akan memberikan pengalaman mobile berkualitas tinggi bagi orang-orang dengan harga yang terjangkau.

Android sudah menjadi operating system pilihan bagi device dengan harga yang cukup tinggi, seperti contohnya handphone android murah seringkali muncul dengan versi yang termodifikasi berat atau terdapat bug didalamnnya namun tidak mendapatkan update atau peningkatan pada softwarenya, selain itu membuat layanan Google tidak tersedia. Ide dibalik pembuatan Android One adalah untuk tetap terjangkau bagi semua kalangan tapi juga mempertahankan kualitas terbaik untuk pengguna, dan menghindari handphone untuk tidak up-to-date dan tidak terjebak pada versi lama Android.

Google sebelumnya telah melihat Indonesia dan seluruh bagian lain di Asia Tenggara untuk ekspansi Android One selanjutnya di masa depan, dan akan ada lebih banyak negara lagi yang terekspansi pada tahun 2015.

 

Penulis: Aswin