Teknopreneur.com –  Kebanyakan orang untuk membuat inovasi itu susah sekali mencari idenya. Padahal ide itu ada di sekitar kita. Ide yang bagus itu, ide yang bisa dijadikan solusi untuk memecahkan masalah yang ada di sekitarnya. Jadi tak perlu rumit-rumit untuk membuat inovasi cari aja sebuah masalah dan apa kira-kira inovasi yang cocok untuk masalah tersebut.  

Menurut Sandy Colondam, Senior Product & Business Development Manager Pic Mic, sebuah inovasi tak perlu canggih sederhana tapi berguna. Dan saat ide sudah muncul dan sudah mulai membuat suatu platform. Namun di tengah jalan kebanyakan orang belum berani melaunchingkannya atau sekedar mengenalkannya ke orang lain.

“Selalu merasa ada yang kurang inilah, harus ditambahin itulah. Mengulur-ulur waktu untuk dilaunchingkan dan akhirnya platformnya hanya disimpan sendiri. Karena belum-belum sudah takut dikritik, takut ga laku, atau takut dicontek orang. Saat produk sudah jadi launchingkan saja. Urusan nanti, ya nanti. Sejelek apapun inovasi yang dihasilkan jika ternyata berguna pasti ada yang download. Tinggal nanti diperbaiki. Buat diskusi dengan pengguna inovasi. Kira-kira apa yang perlu disempurnakan,feature apa yang kurang. Dengan begitu kita bisa tahu apa kelemahan dari inovasi yang dibuat,” katanya dalam acara Mobile Developers Gathering (20/12).

Ia pun menceritakan bahwa Awal mulai pic mic dibangun, tak langsung bagus. Tak langsung banyak yang download. Tapi kami selalu rajin bertanya pada user. Mereka inginnya pic mic ditambah apa?Atau apa yang mesti dikurangi” Jadi user bukan hanya pengguna tapi juga menjadi orang yang dibutuhkan sarannya. Jadi mereka merasa dibutuhkan, dengan begitu mereka tetap menjadi users.

Namun jeleknya orang Indonesia suka mencontek ide inovasi orang lain. Misalnya aplikasi tebak gambar banyak sekali yang membuat. Namun tak ada penyempuranaan atau tak ada kelebihan dari aplikasi yang dicontek. Alhasil baru beberapa menit orang sudah menguninstal aplikasinya.

Sandy menyarankan bagi si pembuat inovasi  jangan pernah takut ide kalian dicontek karena meskipun ribuan orang mencontek ide kalian. Menurutnya pasti si pembuatlah yang paling fasih, yang paling tahu bagaimana aplikasi yang kalian buat.  Apa kelemahannya dan bagaiamana cara membuatnya. Sedangkan yang mencontek hanya tahu yang dipermukaan saja.