Teknopreneur.com – Sudah lama penerapan TKDN akan dilaksanakan, namun baru sebatas wacana belum terlihat realitas yang ada. Itulah yang membuat greget, Menkominfo Rudiantara. “Kita harus menerapkan secara praktis dan realistis. Kita suah berwacana beberapa tahun namun tak juga teralisiasi.

Menurutnya, sudah saatnya mendorong manufaktur dalam negeri dimulai dengan pembenahan-pembenahan. Misalnya pendekatan-pendekatan dengan stake holder, developer software dalam negeri dan pemegang merek juga venture kapital dalam neger agar mau berinvestasi.

Dia menyesalkan selama ini pemerintah hanya berwacana saja dan belum apa-apa sudah ingin mematok ini mematok itu, ingin membuat regulasi-regulasi yang sebanarnya justru membuat pembatasan-pembatasan hingga akhirnya TKDN justru tidak jadi dilaksanakan.

Akhir tahun ini penerapan TKDN akan dilaksanakan. “Mudah-mudah terencana meski tinggal menghitung hari-hari,”katanya dengan optimis. Langkah awal yang akan ia laksanakan adalah bersama dengan Dewan TIK nasional akan bertemu dengan Kementerian Perindustrian  selain  untuk apa saja yang harus disiapkan untuk penerapan TKDN ini dan mencari stake holder untuk mendukung perencanaan ini. Baru setelah semuanya terlaksana baru membicarakan regulasi.