Teknopreneur.com – “Amat disayangkan lulusan IT di Indonesia hanya menjadi pekerja di perusahaan orang dibandingkan membuka bisnis sendiri. Saat ini bisa dihitung lulusan IT yang bergerak di bisnis IT,”kata Ilham Habibie

Memang saat ini sudah banyak perusaahan IT yang ternama dari lulusan-lulusan IT yang muda seperti Kaskus, Tokopedia, Blibli, Bhineka tapi itu banyak. Meskipun ada sedikit sekali yang mumpuni, mereka masih ke dalam teknologi yang sederhana jadi untuk pembuatan produk yang memerlukan teknologi yang canggih. Misalnya yang dibuat paling aplikasi word processing Indonesia mau tak mau membeli  aplikasi. Belum lagi mereka yang pintar menjadi incaran venture kapital asing.

Mereka akan menjadi pegawai sana, mengembangkan perusaahan asing.  Sedangkan disini Indonesia sangat membutuhkan mereka.

Akhirnya perusahaan beralih ke SMK, memperkerjakaan pegawainya dengan mengajarkan mereka seperti yang dilakukan beberapa perusahaan seperti  PT Mitra Mandiri Informatika, Klik Indonesia, dan Castle Production. Beberapa pegawai mereka berasal dari SMK.  Seperti yang dilakukan oleh Hary Sungkari, pimpinan PT Mitra Mandiri Informatika saat diwawancarai Teknopreneur beberapa waktu lalu, ia mengajari lulusan SMK dari nol kemudian mereka disuruh kuliah lagi untuk mengembangkan ilmunya di perusahaan.