Teknopreneur.com – Semua orang rasanya mengakui murahnya harga smartphone Xiaomi ini, apalagi didukung dengan spesifikasi yang terbilang mumpuni. Diakui oleh pihak Xiaomi, keuntungan penjualannya yang didapatkan pun tak terlalu signifikan dari setiap unit smartphone besutannya. Adapun laba yang dicatat oleh Xiaomi berdasarkan pemberitaan Reuters, pada 2013 lalu menyentuh angka 347,5 juta Yuan.

Bryan Wang, analis dari Forrester Research, mengaku tak terkejut dengan untung tipis yang diraih Xiaomi. “Mereka berkembang sangat cepat dan ramping, saya bahkan tidak akan terkejut jika mereka kehilangan uang,” katanya.

Laba yang tercatat pada sebuah dokumen itu, memang bisa dibilang jika Xiaomi merupakan produk yang fantastis. Sebagai perbandingan, Apple melaporkan margin bersih operasi 28,7 persen dan margin Samsung di 18,7 persen.

Xiaomi sendiri menamai dirinya sebagai perusahaan internet dengan meninggalkan cara tradisional untuk menjual barang. Mereka tak menjual ponsel di toko fisik, melainkan lewat jalur online.