Teknopreneur.com– Survei nasional yang dilakukan oleh UNICEF menyatakan bahwa 30 juta pengguna internet di Indonesia adalah remaja.

Dengan akrabnya siswa Indonesia dengan dunia online khususnya multimedia, interaktif dan komunal maka diselenggarakanlah Olimpiade Online Nasional.

“Kompetisi yang biasanya dilakukan secara tertulis ini diganti menjadi sistem online agar pemanfaatan internet yang tak hanya untuk sarana hiburan namun juga meningkatkan pengetahuan di sekolah dan budaya yang kompetitif namun tetap positif,”kata Dr Ing Ilham Habibie, Komisaris Utama Orbit Digital.

Karena lambat laun dunia pendidikan memang harus beralih ke digital mengikuti perkembangan zaman. Namun menurut staf ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Taufik Hanafi sistem pendidikan tak boleh menghilangkan sistem konvensional. Karena keduanya memiliki sisi positif yang berbeda. Dengan penerapan sistem digital maka kegiatan belajar lebih efektif dan efisien namun dengan sistem pendidikan konvensional kegiatan belajar dan mengajar lebih terkontrol.

 

Foto: guraru.org