Teknopreneur.com – Rencana pemerintah membangun PLTN nampaknya kian santer. Bahkan di beberapa media nasional menyebutkan bahwa pembangunan PLTN akan berlokasi di Bangka dan Jepara. Namun, berkaca dari persoalan pembangunan yang di Jepara tempo dulu tidakkah sia-sia pemerintah ingin berusaha membangun kembali di Jepara?

Menanggapi hal itu, Kepala BATAN Djarot Sulistio menampik bahwa Jepara adalah tempat yang akan dibangun untuk PLTN. “Saya tidak pernah mengeluarkan statement Jepara akan dipilih. Ada yang bertanya ke saya bagaimana Jepara, saya jawab Jepara masih opsi, meskipun masih harus dikaji lebih dalam,” ungkapnya saat dihubungi teknopreneur.com, (Rabu, 17/12). Dia pun melanjutkan bahwa daerah yang paling siap dari sisi teknis adalah Bangka. “Yang paling siap dari sisi teknis tetap Bangka,” jelasnya.

Walaupun, kata dia, masih ada kemungkinan Jepara dibangun, tapi berdasarkan dari hasil riset mereka terakhir kemungkinan Jepara semakin mengecil dengan adanya studi kelayakan Bangka maupun kelak tempat lain seperti Kalimantan.

Meski begitu, pembangunan PLTN bukan tanpa kendala. Ya, penolakan dibangunnya PLTN yang dilontarkan dari masyarakat membuat salah satu kendala molornya pembangunan proyek listrik ini. Namun, seiring waktu berjalan, diklaim jika masyarakat kini sudah siap menyambut dibangunnya PLTN. Hasilnya, sebanyak 72% responden menyatakan mendukung PLTN.

“Saya tadinya terkejut dgn hasil tsb, tetapi mereka mampu menjelaskan secara ilmiah hasil ke saya,” terang dia.

 

Sumber foto: Vivanews