Teknopreneur.com – Sebagai penyedia layanan messaging, Viber semakin melambat dalam melompat dibidang penyediaan game. Dimana hampir setahun ini dikuasai oleh KakaoTalk, Line, dan WeChat. Dikutip dari Techinasia (16/12) Viber baru-baru ini telah meluncurkan game sosial yaitu Viber Candy Mania dan Viber Pop.

Viber Candy Mania merupakan kloningan Candy Crush, dan Viber Pop adalah permainan menembak bubble. Kedua game ini menggunakan karakter stiker Viber yang terkenal yaitu Violet dan Legcat. Seperti Line yang menggunakan maskot stikernya sebagai karakter.

Sejauh ini kedua game tersebut sangat mengecewakan, ada tiga hal yang salah bagaimana Viber merambah wilayah arena game. Pertama Viber telat dalam mempromosikannya dibutuhkan peluncuran yang kuat untuk mengimbangi WeChat dan Line. Kedua tidak inspiratif, karena game ini adalah kloning dari game yang sudah ada, tidak ada inovasi didalamnya. Terakhir karakter Viber yang tidak bisa digunakan secara penuh. Namun, masih terlalu dini untuk menjustifikasi Viber, selain baru saja terjun ke dunia game, setelah semua ini ada kemungkinan bisa memiliki permainan yang lebih hit, dan akan memberi keuntungan bagi aplikasi messaging miliknya sebagaimana aspek permainan game sosial.

 

Penulis: Aswin