Teknopreneur.com – Pusat makanan dan inovasi pertama Skotlandia telah dibuka di Queen Margaret University (QMU), Edinburgh. Pusat baru ini diharapkan dapat meningkatkan posisi Skotlandia dalam inovasi di bidang makanan dan minuman di Eropa serta mendukung akses ke pasar global untuk makanan sehat dan fungsional.

Dalam pusat makanan ini ada berbagai fasilitas, seperti laboratorium khusus mikrobiologi, rangkaian sensorik lengkap, laboratorium kimia khusus, dan ruang teknologi bagi industri untuk menguji teknologi-teknologi baru. Richard Lochhead, Sekretaris Kabinet Makanan dan Lingkungan mengatakan bahwa sektor makanan dan minuman Skotlandia telah diakui secara kualitas oleh internasional. Terbukti dari banyaknya produk yang paling terkenal, memiliki rasa yang unik dan sejarah panjang berasal dari negara ini. Pusat baru ini akan membantu perusahaan-perusahaan berevolusi memenuhi permintaan baru, mengembangkan produk baru dan diversifikasi ke pasar baru, khususnya peluang ekspor yang menguntungkan.

“Fasilitas seperti ini baru ada di Skotlandia, selama ini pekerjaan penelitian seringkali dikirim ke Inggris atau Irlandia Utara sebagai gantinya,” ucap Lochhead.
Meskipun memiliki sejarah panjang kerja sama dengan industri makanan dan minuman, dalam tiga tahun terakhir saja, QMU yang berbasis inovasi dean bekerjasama dengan UKM-UKM di sektor ini telah menghasilkan nilai tambah sekitar US$7 juta.

Hal ini diperkuat dengan survei dari Scotland Bank bahwa sektor makanan dan minuman di Skotlandia di mana lebih dari separuh perusahaan memperkirakan usahanya akan tumbuh sebesar 25% selama lima tahun ke depan.

QMU sendiri telah dikenal karena keahlian akademik dalam penerapan ilmu pengetahuan untuk mendukung penelitian yang sukses secara komersial dan pengembangan dalam industri, termasuk dukungan riset untuk iQ Chocolate di Stirling; bumbu-bumbu, minyak dan cuka di Leith, Edinburgh; Minyak Hitam & Emas di East Lothian; ahli daun teh, di Edinburgh; dan Jus buah di East Lothian. (FJ)

Reporter: Lutfi