Teknopreneur.com – Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, “Persoalan cyber tidak bisa hanya ditangani oleh satu kementrian saja. Dikarenakan, Kemkominfo lebih fokus pada persoalan infrastruktur.” Hal tersebut,seperti yang dilansir dari laman resmi Kemkominfo, Jumat (12/12).

Menanggapi hal itu, ia pun bersama beberapa kementerian terkait, sedang dalam tahap pembahasan dan melibatkan beberapa kementerian untuk membentuk Badan Cyber Nasional (BCN). “Kita harus bicara juga dengan kementerian yang lain, dan saat ini mulai dibicarakan yang dikoordinir oleh Menkopolhukam,”ujarnya.

Mengenai status Badan Cyber Nasional, dirinya pun mengungkapkan hal tersebut bukanlah sesuatu yang patut dipermasalahkan. “Berada di bawah apa, itu tidak penting, karena yang penting secara fungsional Badan tersebut berjalan,”katanya.

Dia memastikan, apabila BCN dibentuk, nantinya akan memiliki fungsi yang beda dengan Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID SIRTII). Ia pun menuturkan, “Justru, keduanya akan saling melengkapi. Bagi saya, bagaimana merapikan, membuat yang ada ini menjadi compliment satu dengan yang lain agar efisien dan cepat.”

Sebelumnya, Kemenkopolhukam menyatakan niatnya untuk membuat Badan Cyber Nasional. Begitu pula, komunitas TIK Indonesia mendesak pemerintah untuk segera membentuk BCN, dalam acara ICT outlook 2015 di Jakarta minggu lalu.