Teknopreneur.com – Facebook Inc telah berhenti bekerja sama dengan Microsoft, yang tadinnya memberikan layanan mesin pencarian bagi situs jejaring sosial tersebut. Hal itu, dikonfirmasi oleh juru bicara Facebookyang menyatakan, telah memiliki mesin pencari sendiri agar pengguna dapat dengan cepat menemukan komentar terakhir dan informasi lain yang diposting oleh teman-teman mereka di Facebook.

Hal tersebut, seperti yang dikutip dari laman Reuters, Jumat (12/12). Ketertarikan Facebook untuk membuat layanan mesin pencarian,menunjukkan betapa besar potensi bisnismengingat Google Inc menjadi mesin pencarian nomor satu di dunia.

Tentunya, hal ini bisa menjadikan sebuah warningbagi Microsoft. Dikarenakan sudah bertahun-tahun, dalam membantu pengguna terhubung dengan teman dan mencari informasi di dindingFacebook mereka disediakan oleh Bing.

Menanggapi hal itu, juru bicara Facebook menyatakan,“Saat ini kami belum menjadi sebuah web mesin pencari, karena fokus kami adalahmembantu pengguna menemukan apa yang telahdibagikan di Facebook.” Dirinya pun menuturkan,dan kami masih memiliki kerjasama yang baikdengan Microsoft untuk area bisnsi yang berbeda.

Jika mengingat kutipan yang diucapakan, Founder Facebook, Mark Zuckerberg dalam konferensi dengan para analis pada bulan Juli lalu yang menyatakan,“Ada lebih dari satu triliun posting yang mengisyaratkan, bahwa sejumlah besar informasi yang dibutuhkan oleh pengguna adalah mesin pencarian untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka.”

Menurut perusahaan riset industri, comScore,Microsoft Bing saat ini telah menjadi web mesin pencari no.2  penyedia di Amerika Serikat, dengan pangsa pasar hampir 20%. Facebook danMicrosoft sudah memiliki hubungan yang cukuplama, dimana Microsoft memegang 1,6% saham Facebook atau sekitar US$240 juta, pada Oktober 2007.