Potensi Folklore di Industri Animasi Indonesia

95

Teknopreneur.com- Mungkin awalnya tak ada yang menyangka bahwa film yang menawarkan cerita dongeng seperti Frozen menjadi film animasi berpenghasilan terbesar dalam sejarah box office. Namun nyatanya, banyak film animasi dunia yang diadopsi dari cerita komik, novel, sampai dengan cerita rakyat.

Dan jika ditelusuri kisah apakah yang menarik dan disukai oleh penonton bahkan di dunia, ternyata bebrapa film animasi kelas dunia seperti The Lion King, yang diadopsi dari cerita rakyat asal Afrika. Pocahontas dari cerita suku pedalaman Amerika.  Atau The Hutchback of Notre Dame yang merupakan cerita dari kota Paris.

Animasi tersebut mengangkat cerita rakyat yang berasal dari berbagai daerah dan latar belakang cerita yang beragam. Artinya, jika melihat kesuksesan film animasi yang diadopsi dari cerita rakyat atau folklore, Indonesia juga punya begitu banyak cerita rakyat yang menarik. Seperti Sangkuriang, Malinkundang dari Sumatera Barat, dan masih banyak lagi yang cerita rakyat di tiap daerah seluruh nusantara.

Bahkan film animasi “Battle of Surabaya” juga diadopsi dari sejarah kemerdekaan bangsa. Film ini sempat dilirik oleh pemutar film ternama dunia Hollywood dihargai sebesar US$30 juta