Teknopreneur.com – Mata uang virtual yang dikenal dengan nama bitcoin, sekarang dapat digunakan untuk berbagai layanan Microsoft. Uang virtual tersebut dapat digunakan untuk membeli konten, seperti game dan video di konsol game Xbox, membeli aplikasi dan layanan untuk ponsel Windows phone atau bahkan membeli software dari Microsoft.

Hal tersebut, seperti yang dikutip dari BBC, Kamis (11/12). Dengan begitu, Microsoft menjadi perusahaan software pertama yang mendukung pembayaran melalui uang virtual tersebut.

Akan tetapi, Microsoft tidak mengumumkan secara resmi mengenai rencananya untuk mendukung pembayaran melalui bitcoin. Sebaliknya, Microsoft memberikan informasi ke pelanggan mengenai rincian bagaimana uang virtual tersebut dapat digunakan hanya untuk top up akun berlangganan di Microsoft.

Namun, saat ini Bitcoins hanya dapat digunakan oleh pelanggan Microsoft yang berada di Amerika. Selain itu, Bitcoins tersebut harus digunakan dalam jumlah yang sudah ditetapkan. Bitcoins, secara perlahan telah membuat bisnis utama Microsoft saat ini meluas.

Dimana saat ini, telah melakukan ekspansi bisnis dengan menggandeng perusahaan payment gateway untuk membantu menyediakan layanan pembayaran bitcoin, seperti Paypal, Dell, Expedia, Newegg dan perusahaan lainnya.

Sistem pembayaran Bitcoin sebenarnya sangatlah rumit, mengingat perlu hitungan matematika yang kompleks serta perlu kemampuan kriptografi. Hal itu dilakukan, supaya proses transaksi uang virtual tersebut dapat berjalan dengan aman.