Teknopreneur.com – Pernahkah Anda mengalami yang namanya salah posting, atau tanpa disadari foto pribadi tersebar ke teman Facebook Anda, lantaran ada oknum yang tidak bertanggung jawab membajak akun Anda? Melihat kondisi tersebut, Facebook telah berencana untuk membuat sebuah software yang dapat mencegah terjadinya salah posting ataupun mencegah terjadinya pembajakan.

Hal itu, seperti yang dikutip dari BBC, Kamis (11/12). Caranya adalah dengan menggabungkan image recognition dengan artificial intelligence (AI), sehingga bakal terbentuk sebuah sistem yang dapat memberikan sebuah peringatan apakah gambar tersebut benar-benar ingin di posting.

Dimana, nantinya akan ada pertanyaan,“Apakah Anda yakin gambar atau foto ini boleh dilihat oleh bos atau Ibu Anda? Rencana tersebut, seperti diungkapkan oleh Kepala Laboratorium Penelitian Artificial Intellgence Facebook, Yann LeCun, kepada majalah Wired.

Lebih lanjut ia pun menuturkan, tujuannya adalah untuk membuat sebuah asisten digital di Facebook, dengan memanfaatkan kecerdasan mesin. “Jadi, di masa depan akan ada sebuah asisten yang dapat mengidentifikasi, ketika orang lain meng-upload foto tanpa seizing si pengguna,”katanya.

Sebelumnya, Facebook sudah menggunakan teknologi pengenalan gambar untuk membantu mengidentifikasi wajah atau disebut juga dengan Tag, yang memungkinkan pengguna untuk menandai wajah mereka dengan benar. “Tahap berikutnya adalah untuk menganalisis teks yang diposting dalam status serta menyarankan hashtags yang relevan,”ujarnya.