Teknopreneur.com – Jika Anda suka melihat video di Youtube, kabar berikut ini mungkin bakal menjadi sesuatu yang menyenangkan. Sebab, saat ini perusahaan pemutar video online tersebut, telah menyediakan layanan pemutaran video secara offline di Asia, tapi hanya untuk India, Indonesia, dan Filipina.

Hal itu, seperti yang dilansir dari TechCrunch, Rabu (10/12). Perusahaan mengatakan pembaharuan tersebut, memungkinkan penggunanya untuk  menonton video tanpa koneksi internet.

Google telah secara khusus mengambil tiga pasar tersebut, karena melihat tingginya penetrasi mobile di tiga negara Asia tersebut.  Namun, kualitas jaringan yang kurang memadai, justru terlihat sebagai sebuah pasar besar untuk fitur offline playback.

Dalam sebuah posting yang berada di blog miliknya,  Youtube menyatakan,”Asia telah membuktikan dirinya untuk menjadi pengadopsi smartphone terbesar di dunia, tetapi akses atau kecepatan internet serta paket data internet masih menjadi tantangan besar. Melihat kondisi tersebut, cara yang kami lakukan saat ini adalah untuk mengurangi tuntutan kecepatan akses internet terhadap para pelanggan.”

Sebenarnya, YouTube memperkenalkan pemutaran video secara offline sejak bulan September lalu, tetapi itu baru untuk India. Banyak yang berharap fitur offline tersebut, dapat dinikmati oleh semua penggemar Youtube di seluruh dunia. Sayangnya, Google tidak dapat menyebutkan kapan fitur tersebut bakal tersedia.

Sebelumnya, aplikasi YouTube di Android telah melakukan sebuah update untuk semua usernya, tapi itu hanya desain materi dan filter pencarian yang baru, bukanlah pembaharuan untuk pemutaran video secara offline.