Teknopreneur.com- Era digital nyatanya telah merubah kebiasaan membaca masyarakat. Beberapa tahun lalu, kita masih sering melihat tumbukan majalah dan koran di meja, tapi kini, banyak orang membaca menggunakan smartphone, tablet, atau iPad.

Dengan adanya perubahan itu, kali ini dalam rangka menyebarluaskan sumber bacaan ilmiah berkualitas kepada masyarakat, aplikasi Social Reading Moco bekerjasama dengan LIPI Press menyebarluaskan buku-buku terbitan LIPI Press.

Buku-buku ini telah dikonversi menjadi format eBook dan dapat diakses melalui ePustaka LIPI Press pada aplikasi Moco. ePustaka sendiri baru diluncurkan bersamaan dengan acara Pemberian Penghargaan dan Bedah Buku LIPI pada 8 Desember lalu.

Sulasmo Sudharno, Founder Moco dan CEO PT. Aksara Maya menjelaskan untuk tahap pertama, sudah ada 22 judul buku terbitan LIPI Press yang ada di ePustaka LIPI Press. Buku-buku tersebut dapat diakses oleh masyarakat secara gratis.

Rahmi Lestari Helmi, selaku Kepala UPT Balai Media dan Reproduksi LIPI (LIPI Press) mengatakan jika kerjasama dengan Moco dalam membuat ePustaka ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan LIPI Press untuk mendistribusikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas dengan cara yang lebih cepat dan mudah.

“Dengan digital, proses distribusi buku menjadi lebih mudah, terutama dari segi waktu, biaya dan jangkauan. Kemudahan inilah yang dibutuhkan oleh kami sebagai penerbit dan juga oleh masyarakat. Kami akan terus bekerjasama dengan Moco untuk menambah koleksi buku ePustaka LIPI Press, sehingga semakin banyak buku terbitan LIPI Press yang bisa diakses oleh masyarakat,” terang Rahmi.