Teknopreneur.com – Pengamat Bisnis Indonesia, Renald Kasali menyatakan, “Dunia sudah berubah, bagaimana mobilitas telah membuat seluruh aktifitas kehidupan dilakukan melalui perangkat mobile.” Hal tersebut, seperti yang diungkapkannya dalam acara Indonesia ICT Outlook 2015, Jakarta Rabu (10/12).

Ia pun menuturkan, industri saat ini telah mengarah ke digital, bagaimana media sosial mengubah cara orang di seluruh dunia berbagi kisah ataupun berdiskusi. “Bahkan, untuk promosi produk saja, sekarang sudah memanfaatkan sosial media,”ujarnya.

Menurutnya, pengguna Facebook yang ada di seluruh dunia mencapai 700 juta pengguna aktif, dan ada sekitar 700 tweets per detik. Melihat kondisi tersebut, ia pun mengatakan,”Hal itu menunjukkan, bahwa mobilitas yang berkembang saat ini sudah tidak bisa dibendung lagi.”

Dalam presentasinya ia menambahkan, untuk itu, dalam mengahadapi MEA 2015, kita perlu yang namanya agility, balance, solid, speed, dan action. “Dengan begitu diharapkan kita dapat mengahadapi MEA 2015,”ucapnya.

 

Reporter: Agung