Teknopreneur.com- Harus mengingat beberapa password untuk melakukan berbagai transaksi sepertinya akan segera menjadi masa lalu, karena sebuah konsorsium industri telah mengeluarkan satu set instruksi yang menentukan sejumlah cara alternatif  dari komputer dan perangkat yang dapat mengkonfirmasi identitas pengguna tanpa sandi untuk perencanaan masa depan. Fido Alliance (identitas Cepat Online) sebuah konsorsium industri untuk mengatasi kurangnya kapabilitas antara perangkat otentikasi yang kuat dan masalah pengguna dalam menciptakan dan mengingat beberapa username dan password.

Fido Alliance telah mengeluarkan spesifikasi  yang didukung oleh sejumlah perusahaan besar  IT dan perbankan, termasuk Microsoft, Google, PayPal, Bank of America, dan MasterCard.

Setelah dua tahun bekerja, FIDO akhirnya mengeluarkan draft pertama yang terdiri dua spesifikasi  yaitu Universal Authentication Framework (UAF) dan Universal 2 Factor (U2F). Jika digunakan, spesifikasi ini bisa menjadi dasar untuk mengamankan komunikasi online tanpa menggunakan password, yang rumit dan dapat menimbulkan ancaman keamanan.

Dua spesifikasi ini menggambarkan prosedur bahwa sistem dapat digunakan untuk memverifikasi identitas seseorang. Misalnya, sensor biometrik seperti pembaca sidik jari yang bisa mengidentifikasi identitas pengguna.

Saat ini, sebagian besar pengguna log on ke layanan online dengan menggunakan password, namun pendekatan ini masih bermasalah. Menurut survei dari Verizon, lebih dari 76%  dari pelanggaran secara online dikarenakan oleh password yang lemah ataupun dicuri. Sedangkan bentuk-bentuk otentikasi seperti biometrik telah lama tersedia, ada sedikit industri sepakat  tentang bagaimana mekanisme keamanan harus dilaksanakan, yang mengarah ke lingkungan terfragmentasi dan kompleks untuk manajemen otentikasi online.

Anggota FIDO Aliansi sekarang dapat menggunakan spesifikasi ini untuk membangun sistem keamanan. Perusahaan seperti Google, PayPal, Samsung dan Alibaba telah masuk dalam draft awal spesifikasi ke dalam produk dan layanan mereka.

Saat ini sebagai informasi, Fido Alliance bekerja pada satu proyek perluasan yang akan menggabungkan bentuk tambahan akses keamanan, seperti mendirikan identitas menggunakan Near Field Communications dan komunikasi nirkabel Bluetooth.

 

Foto: www.androidheadlines.com