Teknopreneur.com – Saat ini pemerintah Indonesia masih menggunakan email yang masih masing-masing dimiliki Kementrian di Indonesia. Menanggapi hal itu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyatakan,”Untuk masalah email yang masih masing-masing dan belum terintegrasi, sebenarnya masalahnya ada di infrastruktur”

“Dalam masalah penerapan data center di Indonesia, kita harus memperhatikan bahwa Indonesia ini merupakan bagian dari global. Maka dari itu, kedaulatan ICT Indonesia juga tidak boleh serta merta menutup pintu begitu saja,”ucapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk masalah data privacy, RUU nya saat ini sedang dibicarakan dan juga untuk cyber security.

“Sedangkan untuk masalah produk hardware dalam menyambut teknologi 4G, itu kita harus tanya dulu ke pihak operator sebagai penyedia layanan jaringan, karena untuk 4G sendiri perlu Sim card baru, artinya perlu ada perangkat baru yang mumpuni. Juga masalah harga yang pastinya akan menjadi mahal mengingat semakin cepat internet semakin banyak juga bandwidth yg digunakan, sehingga berpengaruh terhadap harga paket internet nantinya,”katanya.

Kemudian ia mengatakan, saat ini pemerintah juga sedang mendorong produk lokal untuk menopang teknologi 4G tersebut. “Selain itu, untuk masalah sinyal, tahun depan bakalan ditingkatkan kualitasnya,”ujarnya.

 

Reporter: Agung