Teknopreneur.com – Perusahaan besar Amerika berbasis e-commerce eBay berencana untuk meningkatkan kepemilikan saham di MetraPlasa Indonesia dari 40% menjadi 49%. MetraPlaza pada awalnya didirikan pada akhir 2012 sebagai perusahaan bersama antara eBay dan Telkom Indonesia untuk mengepalai inisiatif e-commerce lokal. Dilansir dari Techinasia (10/12) berita tersebut diumumkan satu hari setelah peluncuran resmi Blanja.com. Saat ini, 60% dari MetraPlaza dikendalikan oleh Telkom, setelah eBay membeli banyak saham kepemilikan Telkom akan dikurangi menjadi 51%.

Menurut Indra Utoyo selaku Presiden Direktur, eBay telah memberikan kontribusi sekitar sembilan juta dua ratus ribu dolar untuk MetraPlaza sejak 2012. Telkom berinvestasi sekitar lima juta dolar kepada perusahaan e-commerce terpisah yaitu Plasa.com, yang kemudian menjadi sebuah projek dibawah inisiatif MetraPlasa dan bergabung dengan Blanja. Sekarang ketika user mencari Plasa.com akan langsung diarahkan ke Blanja.com. Hasilnya berarti Telkom dan eBay telah bersama-sama berinvestasi hampir empat belas juta dua ratus ribu dolar ke Blanja sampai saat ini.

Ebay akan tetap menjadi mitra strategis bagi Telkom karena akan memungkinkan untuk perdagangan lintas batas di masa depan, dan untuk produk di situs Blanja akhirnya bisa dijual ke luar negeri. Blanja mengklaim memiliki satu juta produk di situsnya hanya dengan enam ratus penjual saja. Ia menerima sekitar lima puluh ribu pengunjung per hari. Menurut Utoyo saat ini kontribusi pendapatan e-commerce untuk bisnisnya masih kecil, tapi dapat diperkirakan kontribusi bisa mencapai 10 persen dalam waktu dua sampai tiga tahun.

 

 

Penulis: Aswin