Teknopreneur.com – Jika ada salah satu bagian dari PC yang tidak mendapatkan cukup kipas untuk mendinginkan CPU yang sedang bekerja atau laptop anda yang sering panas karena terlalu lama digunakan, sehingga memerlukan kipas tambahan untuk mendinginkannya. Bisa-bisa anda malah harus membayar mahal, untuk membeli kipas pendingin tersebut.

Bagi banyak orang, seperti gamer, video editor, dan sebagainya, hal tersebut menjadi sangat penting dalam kegiatan mereka. Melihat kondisi tersebut, CoolChip Technology, merancang ulang untuk mengatasi gangguan mengenai kipas pendingin yang lebih baik lagi.

Hal itu, seperti yang dikutip dari TechCrunch, Selasa (9/12). Menanggapi hal itu, Founder CoolChip, William Sanchez menyatakan,“ Karya CoolChip tidak memerlukan perubahan tata letak internal mesin secara signifikan.”

Ia pun menuturkan, dalam sebuah demo untuk membandingkan kipas pendingin CoolChip dengan kipas tradisional, ternyata kipas milik CoolChip tidak mengeluarkan suara sama sekali, serta memiliki kemampuan pendingin yang sama dengan kipas tradisional.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa, CoolChip telah bermitra dengan Cooler Master untuk membawa teknologi pendingin ini ke pasar global pada awal tahun depan. Selain itu, Microsoft juga sudah berkonsultasi dengan startup tersebut, agar teknologinya dapat dipasangkan pada perangkat console game miliknya, Xbox One.

Sebagai informasi, pengembangan teknologi kipas pendingin CoolChip telah menarik perhatian Founder Fund, Peter Thiel, yang menginvestasikan dananya sebesar US$ 500.000 pada tahun 2012 lalu. Hal itu, dilakukan untuk mempercepat pengembangan, agar bisa dengan segera dijual ke pasar perangkat global.