Teknopreneur.com – Tidak ada yang menyangka keindahan warna pada CD Blu-Ray ternyata mampu menangkap cahaya, dimana warna tersebut bukan dibuat dari bahan zat warna tetapi dari bahan tembus cahaya, sebuah bentuk mikroskopik yang mampu menangkap cahaya dan memiliki pantulan yang akan muncul warna-warni apabila dilihat dengan mata manusia.

CD Blu-Ray sangat baik untuk menangkap cahaya, sekelompok insinyur dari Northwestern University menemukan gagasan untuk melakukan uji coba seberapa baik Blu-Ray untuk menjadi panel surya. Dengan membuat replika mikroskopis dimana permukaan Blu-ray ditempelkan sebuah panel surya, para insinyur mampu meningkatkan kinerja panel surya. Mereka tahu bahwa pola permukaan mikroskopis tertentu seperti warna struktural pada alam akan membuat panel surya yang lebih efisien. Membuat pola nanometer-scale dari awal sangat mahal. Namun kelompok Northwestern mencari cara yang lebih murah untuk pola panel surya.

Seperti yang dilansir dari Popsci (26/11) berikut cara membuat panel surya yang murah meriah. Pertama mereka memangkas tepi atas dari CD Blu-Ray menggunakan gunting. Kemudian mereka membuka CD tersebut dan mengungkap pola permukaan CD. Mereka menuangkan cairan plastik pada pola permukaan dan biarkan plastik mengeras semalaman. Pada waktu yang bersamaan, mereka menciptakan panel surya mereka sendiri di dalam laboratorium. Setelah panel siap, mereka menekan pola permukaan plastik tersebut sampai naik keatas permukaan panel mereka. Kemudian mereka mencap panel tersebut seperti mencap adonan kue. Mereka juga membuat setumpuk panel secara halus, dengan permukaan yang tidak dicap, sebagai kontrol. Dalam uji coba lab, panel yang memiliki pola lebih efisien dibandingkan panel yang halus. Mereka menemukan tidak masalah apapun CDnya selama didalamnya terdapat banyak encode data.

 

 

Penulis: Aswin