Teknopreneur.com – Barangkali, Anda Masih ingat dengan beberapa permainan, perangkat, atau messenger berikut, yang pernah menjadi trend pada tahun 90-an? Kini itu semua, seakan cuma menjadi kenangan masa kecil saja, tapi minimal tahu kelima teknologi Clip Art yang mungkin dulu pernah digunakan ataupun pernah Anda jumpai.

Pastinya, masih ingat dengan Game Boy, sebuah alat permainan yang diperkenalkan oleh Nintendo pada tahun 1989 ini, tentu menjadi hiburan yang digemari oleh anak pada kala itu. Dikarenakan, sewaktu kecil dulu mungkin Anda pernah menyewa game tersebut, yang biasa mangkal di sekolah-sekolah.

Sementara, jika mengingat masa kecil dulu pastinya permainan ini juga memiliki banyak penggemar. Tamagotchis, merupakan permainan yang di populerkan oleh Bandai tahun 1996, dimana Anda diharuskan untuk memelihara hewan serta jangan lupa untuk memberi makan kalau tidak mau peliharaannya itu mati dan permainan berakhir atau game over.

Kemudian di era 90-an, para pecinta musik tanah air pasti tahu dong dengan kaset pita. Bahkan, sampai saat ini mungkin masih banyak yang menyimpan atau malah mengoleksi kaset pita tersebut. Namun, kebanyakan sudah tidak bisa diputar lagi, lantaran usianya yang sudah uzur.

Selanjutnya, dalam dunia presentasi jauh sebelum ada PowerPoint, pasti pernah tahu yang namanya Overhead Proyektor. Alat yang dulunya sering digunakan untuk presentasi di sekolah maupun di kantor ini, cara kerjanya adalah dengan menggunakan lembaran plastik (acetate) yang dilengkapi teks maupun gambar, kemudian disorot oleh sebuah sinar dan ditransmisikan ke media lain, seperti tembok ataupun papan tulis.

Yang tidak kalah menarik adalah aplikasi pesan singkat, karena terkenal dengan emoticon dan emojinya, yakni MSN Mesengger. Media komunikasi yang dipopulerkan oleh Microsoft tahun 1999, pastinya sangat merajai aplikasi chatting pada masanya. Namun, sejak tahun 2013, Microsoft pun telah mengubah dan mengganti namanya menjadi Windows Live Messenger.