Teknopreneur – Perkembangan teknologi begitu cepat hingga akhirnya banyak perusahaan teknologi yang mencoba menganalisis tren teknologi ke depannya. Salah satunya adalah Hitachi Data Systems Corporation (HDS). Perusahan ini telah meramalkan bisnis dan teknologi di Asia Pasifik tahun depan.

Chief Technology Officer Hitachi Data System Asia Pasifik, Adrian De Luca, mengatakan ada lima tren yang akan mendorong inovasi teknologi di tahun depan di antaranya Smart City, Big Data, Hybrid Cloud, Internet of Things, dan Infrastruktur.

Melalui lima tren teknologi tersebut, dirinya yakin jika akan menjadi kunci penting semakin meningkatnya titik temu antara bisnis dan teknologi informasi.

“Era Business-Defined IT sudah hadir, dan sekarang adalah waktu bagi TI untuk merangkul platform ketiga yang dibangun pada perangkat mobile, layanan cloud, jaringan sosial dan analisa big data. CIO harus menanggapi persyaratan tersebut dan menjadi seorang arsitek dan broker layanan bisnis daripada sekedar seorang pembangun-teknologi yang fokus pada infrastruktur pusat data,” kata De Luca yang dilansir dari RMOL.

Ia mencontohkan pembangunan smart city, big data dalam industri yang kompetitif, hybrid cloud, mobility yang digerakan oleh data dan perkembangan regulasi sebagai lima tren kunci yang dikombinasikan dengan penggerak bisnis lokal, akan membentuk lanskap TI di kawasan Asia Pasifik pada tahun 2015.